Monday, October 28, 2013

Kecintaan as-Syeikh as-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki kepada Para Penuntut Ilmu, Penuntut Ilmu adalah Wasiat Rasulullah Saw

Pernah pada bulan madhan ada seseorang yang ingin menyediakan untuk beliau dan yang bersama beliau makanan buka puasa. Orang tersebut terus mendesak beliau, akhirnya beliau menyetujuinya agar berbuka puasa di Miqat Ji’ranah.

Setelah tiba di Ji’ranah orang tersebut meminta kepada beberapa murid as-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki untuk membantu menurunkan makanan dari mobilnya. Rupanya ada salah satu mereka agak teledor atau merasa keberatan sehingga dihardik oleh orang tersebut.


As-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki yang mendengar hardikannya orang tersebut, maka tampaklah marah di raut wajah beliau seraya berkata: “Bagaimana Anda berbuat seperti ini kepada anak-anak kami, padahal mereka adalah penuntut ilmu dan Nabi Muhammad Saw. telah berwasiat dan memerintahkan kita untuk menghormati mereka?

Sungguh Rasullullah Saw. telah bersabda: “Akan datang kepada kalian sekelompok orang yang menunutut ilmu, maka jika kalian melihat mereka, katakanlah: “Selamat datang wahai wasiat Rasullullah Saw.” Lalu ajarilah mereka itu”

Wahai Fulan, jangan sekali-kali Anda mengira bahwa mereka ini butuh kepada makananmu. Ketahuilah bahwa mereka dari keluarga yang terhormat dan mampu di Indonesia. Dan tujuan mereka ke al-Haramain (Makkah dan Madinah) tidak lain adalah untuk menuntut ilmu.

Setelah itu beliau memerintahkan murid-muridnya untuk menaiki mobil itu dan pulang. Setelah kejadian ini orang tersebut merasa malu dan setelah beberapa hari dia menemui as-Sayyid Muhammad dan meminta maaf atas kesalahannya.

http://www.muslimedianews.com/2013/10/wujud-kecintaan-terhadap-ilmu-dan-ahli.html

No comments:

Post a Comment