Friday, November 15, 2013

Al Allamah habib Zaen Bin Ibrahim bin Sumaith: Seharusnya bagi setiap orang tua mendo'akan untuk anak-anaknya dan tidak mencaci mereka

Nasehat al Faqih al habib Zein bin Smith untuk kedua orang tua :

Seharusnya bagi setiap orang tua mendo'akan untuk anak-anaknya dan tidak mencaci mereka,

Seperti mendo'akan untuk anaknya kehancuran, bodoh dan lain sebagainya sekalipun dalam keadaan marah atau payah mestinya bagi orang tua menghindarinya karna do'a orang tua di ijabahi Allah swt lebih-lebih kalau tepat waktu yg di ijabahi Allah swt akhirnya mendapatkan penyesalan dan kerugian karna terburu-buru dan mendo'akan jelek anaknya.

Berapa banyak cerita bahwasannya orang tua melakukan hal tersebut sehingga anaknya sakit, meninggal, gila dan lain sebagainya dari kejelekan karna sebab do'anya orang tua.

Wajib atas orang tua selalu mendo'akan baik untuk anaknya walaupun dalam keadaan emosi dengan mengatakan kepada mereka seperti : Allah yahdik, Allah yarhamuk dll sehingga tepat dengan waktu yg di ijabahi anaknya menjadi beruntung karna sebab do'anya.

Di ceritakan oleh ulama' :
Seseorang datang ke salah satu ulama' mengadu tentang kejelekan akhlaq dan adab anaknya, ulama' tersebut bertanya : mungkin kamu mendo'akan jelek untuknya? Lalu seorang tersebut menjawab : ya, kamu yg merusaknya kata si ulama' tersebut.


Wajib bagi orang tua membantu anaknya agar bisa berbakti kepadanya dan tidak memaksakan untuk mereka dari apa-apa yg tidak mampu mereka kerjakan, berbicara santun dengan mereka dan memanggil dengan kata-kata yg baik, dalam hadits Nabi saw bersabda :
رحم الله والدا اعان ولده على بره قالوا : كيف يارسول الله؟ قال : يقبل احسانه ويتجاوز عن إساءته
Allah swt merohmati orang tua yg membantu anaknya agar berbakti, para sahabat bertanya : bagaimana itu wahai Rosulullah?

Menerima kebaikan dan memaafkan kesalahannya.
Jagalah, perhatikan, didik anak kalian dengan pendidikan yg baik dan jagalah mereka dari teman yg jelek,

Mudah-mudahan Allah menjaga anak-anak kita dari kejelekan.Amiin

Wallahu`alam

No comments:

Post a Comment