Saturday, November 16, 2013

Apa itu Al HAfidz dan Al Musnid

Habibana Munzir Almusawa menjelaskan : 

Saudaraku yg kumuliakan,
Alhafidh adalah yg hafal 100.000 hadits berikut sanad dan matan, namun sanad dan matan dari Muhaddits, bukan dari dirinya.

Almusnid adalah yg menyimpan banyak sand hadits dari dirinya, hingga muhaddits, hingga Rasulullah saw.

Contohnya begini, Alhafidh ia hafal hadist misalnya dari Imam Bukhari, dari fulan dari fulan dari fulan dari Rasulullah saw, dan si periwayat fulan itu lahir doi klota anu, tahun sekian berguru pada si fulan, ia wafat tahun sekian, dst dst dari riwayat hidup masing masing periwayat.

Almusnid adalah misalnya Guru Mulia kita, beliau berkata " kudengar hadits itu dari guruku syeikh fulan, dari gurunya yaitu syeikh fulan, dari gurunya yaitu syeikh fulan, dari syeikh dari.... dst, dari Imam Bukhari, dan Imam Bukhari dari fulan, dari fulan dari Rasulullah saw.

maka Almusnid mempunyai sanad yg lebih panjang dari Alhafidh., karena ia menyebut hadist dari diri beliau, sampai ke Muhaddist (seperti Imam Buhkari, Imam Muslim, Imam Tirmidzi dll)., sampai ke Rasulullah sawt. demikian almusnid,

Maka Guru Mulia kita digelari Alhafidh (yg hafal 100.000 hadist berikut sanad dan matannya) dan Almusnid (yg banyak menyimpan sanad hadits)

No comments:

Post a Comment